Cara Pesan Tiket Kereta Api

Tiket kereta saat ini dijual secara offline maupun online yang artinya tiket dapat dibeli langsung di stasiun maupun dibeli lewat website dan sebagainya secara online. Dengan banyaknya metode cara pembelian tiket ini tentunya semakin memudahkan masyarakat. Bagi yang belum mengerti cara pesan tiket kereta api online maupun offline, berikut akan dijelaskan cara-caranya.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Langsung di Stasiun   

Pesan tiket kereta dengan metode atau cara datang langsung ke stasiun dan memesan tiket di sana merupakan cara yang paling umum bagi sebagian besar masyarakat karena memang metode ini telah diterapkan sejak lama. Cara untuk memesan tiket langsung di stasiun cukup simpel. Pertama pergi ke lobi pemesanan tiket, maka akan diberi sebuah form yang dimana nantinya akan diisikan data-data calon penumpang atau pemesan tiket. Isikan nama beserta nomor identitas sesuai dengan KTP yang dimana penulisan nama dan identitas sesuai KTP adalah agar menghindari pemeriksaan saat keberangkatan. Maksimal nama yang bisa dituliskan dalam form tersebut adalah 4 nama yang semuanya disesuaikan dengan kartu identitas masing-masing.

Bagi yang belum mempunyai KTP resmi atau yang dibawah 17 tahun maka bisa mengganti dengan kartu identitas lain seperti kartu pelajar misalnya. Isikan nama dan identitas sesuai dengan yang tertulis di kartu pelajar tersebut. Bagi calon penumpang yang belum mempunyai kartu identitas atau artinya masih dibawah umur bisa menggunakan kartu keluarga dan bagi yang masih sangat kecil atau belum mempunyai apapun bisa dituliskan nama dan tanggal lahir saja.

 

Setelah mengisi identitas maka isi form perjalanan dengan mengisi nama kereta yang akan digunakan, berangkat dari stasiun mana dan berhenti di stasiun mana, tanggal berangkat dan tanggal pulang jika ingin langsung paket PP. Seperti itulah langkah-langkah memesan tiket kereta api langsung di stasiun.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Lewat Minimarket, Kantor Pos

Saat ini memang memesan tiket bisa dilakukan dengan banyak cara salah satunya memesan lewat minimarket dan kantor pos. Tidak ada perbedaan antara memesan tiket di minimarket dan kantor pos dengan memesan secara langsung di stasiun mungkin yang membedakan hanyalah tempat dan metode pemesanannya. Jika belum mengerti cara pesan tiket kereta api di minimarket atau di kantor pos, berikut beberapa langkah-langkahnya.

 

Pertama pergi ke minimarket atau kantor pos, jika ke minimarket bilang kepada kasir untuk pesan tiket kereta jika ke kantor pos bilang pada karyawan atau petugas kantor pos untuk memesan tiket kereta api.  Jika pemesanan bisa dilayani maka nantinya akan dibantu untuk mengisikan data dan juga opsi pemesanan lainnya seperti pesan tiket kereta api dari mana dan tujuan kemana, kereta api kelas apa, hingga posisi tempat duduk yang bisa ditentukan sendiri sesuai dengan kondisi. Jika semua sudah diisi maka nanti akan keluar struk pembayaran yang isinya yaitu kode booking yang dimana kode ini nantinya akan ditukarkan dengan tiket di stasiun.

 

Tidak ada perbedaan signifikan dari pesan tiket di stasiun dengan di minimarket atau kantor pos perbedaan yang mendasar hanya di pemberian struk pembayaran berupa kode booking ketika membeli tiket di minimarket. Hal terpenting ketika ingin memesan tiket kereta di stasiun maupun di minimarket atau kantor pos adalah selalu membawa identitas diri bisa berupa KTP, KK, maupun identitas lainnya karena dalam pemesanan tiket penulisan identitas adalah hak terpenting dan hal yang paling vital.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Lewat Website Resmi PT. KAI

Banyak metode pembelian atau pemesanan tiket kereta mulai dari membeli langsung hingga membeli secara online. Di era teknologi pembelian tiket perjalanan memang banyak dilakukan secara online karena cara ini merupakan cara yang instan, mudah dan praktis untuk dilakukan. PT. KAI sendiri mempunyai website resmi yang bisa digunakan untuk pesan tiket kereta yaitu tiket.kereta-api.co.id. bagi yang belum paham cara pesan tiket melalui website tersebut berikut adalah langkah-langkah atau cara pesan tiket kereta api online lewat website resmi PT. KAI.

 

Langkah pertama yang pasti masuk kedalam alamat webnya yaitu tiket.kereta-api.co.id . Setelah masuk nanti akan ada tampilan yang mengharuskan calon penumpang atau pemesan tiket mengisi data-data pemesanan tiket. Data dan juga pilihan yang ditampilkan dalam web juga tidak berbeda dengan tampilan form pemesanan di stasiun maupun di minimarket atau kantor pos. Di dalam web tersebut calon penumpang harus mengisi identitas itu sudah wajib, kemudian berangkat dari stasiun mana ke stasiun mana, apa jenis kereta yang akan digunakan dan opsi pilihan lainnya yang sama dengan opsi pilihan di metode pemesanan tiket lainnya.

 

Setelah mengisi semua data dan opsi yang ada kemudian menekan pilihan booking maka ada sebuah kode booking yang nantinya pembayaran dengan metode online lewat website ini bisa dilakukan di atm maupun media lainnya. Usahakan segera mungkin langsung melakukan pembayaran agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan melakukan pembayaran maka tiket bisa dicetak di stasiun atau bisa bisa juga dicetak sendiri melalui mesin cetak tiket mandiri yang disediakan di stasiun.

Informasi Lebih Lanjut

Untuk semua metode pemesanan tiket baik secara langsung di stasiun, lewat minimarket atau kantor pos hingga secara online lewat website resmi dari PT. KAI sejatinya sama saja yang artinya semua opsi dan data yang harus diisikan semuanya mengacu pada tujuan yang sama. Tidak ada yang berbeda ketika memesan tiket dimanapun itu hanya yang membedakan adalah metode atau caranya yang dimana sudah jelas cara memesan tiket langsung di stasiun dengan memesan tiket lewat web itu caranya jauh berbeda. Untuk sekarang cara mempermudah pesan tiket kereta memang secara online karena banyak keunggulan yang ditawarkan dengan memesan tiket secara online.

 

Namun dibalik metode pemesanan online yang memiliki banyak keunggulan ternyata masih saat-saat dimana pemesanan dengan metode online menjadi metode yang menyulitkan yaitu saat mudik lebaran dan juga libur panjang lainnya yang dimana mengakibatkan lonjakan pemesanan lewat website secara online dan nantinya membuat web menjadi sulit diakses dan lambat. Hal itu tentu menjadi kendala tersendiri saat memesan tiket.

 

Jadi disarankan ketika memasuki hari libur panjang atau mudik lebaran usahakan memesan tiket secara langsung saja di stasiun. Atau jika tetap ingin booking tiket secara online maka booking jauh-jauh hari sebelum hari libur panjang atau hari mendekati lebaran karena jika memesan saat hari menjelang mudik maka yang pasti web akan banyak mengalami gangguan dan yang jelas pemesanan tiket akan terhambat. Usahakan jauh-jauh hari memesan tiket terlebih dahulu karena dengan memesan tiket kereta jauh-jauh hari akan terhindar dari banyak kendala termasuk yang paling sering terjadi adalah kehabisan tiket.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *